Berkolaborasi dengan Puskesmas, KKN -PPM UGM Desa Lembar Adakan Program Sikat Gigi Bersama untuk Tingkatkan Kesehatan Gigi anak di SDN 1 Lembar

  • Aug 19, 2024
  • Admin Desa Lembar, Aulia Pradnya, KKN-PPM UGM
  • Kegiatan Desa

Lembar, Lombok Barat – Teriakan dan antusiasme anak-nak tergambar jelas pagi hari itu. Mereka sudah siap dengan pasta gigi dan juga sikat gigi di kedua tangannya. Hri itu, KKN PPM UGM Desa Lembar bersama dengan Puskesmas Jembatan Kembar meluncurkan program inovatif yaitu kegiatan sikat gigi bersama. Program ini memiliki tujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya perawatan gigi yang baik dan membangun kebiasaan sehat sejak dini.

Kegiatan sikat gigi bersama ini dilaksanakan di halaman depan SD 1 Lembar setelah mereka melakukan senam pagi.  Setiap kelas diundang untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini yang tentunya juga diselipkan suatu materi interaktif di dalamnya. Sehari sebelumnya para siswa sudah dihimbau untuk membawa sikat gigi dan pasta gigi mereka masing-masing agar kegiatan ini dapat berjalan secara efektif

Menurut salah satu gutu, Dr. program ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk memperbaiki kesehatan gigi siswa dan mengurangi masalah gigi seperti gigi berlubang. Seperti yang kita ketahui bersama, masalah gigi berlubang atau karies ini menjadi momok bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhannya. Salah satu penyebabnya adalah akibat kurangnya kesadaran dan kebiasaan yang seharusnya dapat dipupuk sejak dini mengenai aktivitas menyikat gigi dengan baik dan benar.

Program ini juga dilengkapi dengan sesi edukasi di mana siswa diajarkan cara menyikat gigi yang benar, termasuk teknik menyikat yang efektif dan durasi yang dianjurkan. Para siswa tampak bersemangat untuk mengikuti setiap langkah-langkah menyikat gigi yang didemokan. Tak hanya itu, para siswa juga diajak untuk memahami makanan dan minuman apa saja yang dapat menyebabkan gigi berlubang melalui media pembelajaran yang interaktif.

Salah satu aspek menarik dari program ini adalah penggunaan model gigi raksasa, Model ini bukan sembarang model gigi yang digunakan untuk mendemonstrasikan cara menyikat gigi. Namun, model ini dibuat bersama dengan menggunakan botol bekas dan karton. Pembuatan model gigi raksasa ini dilakukan bersama sebelum sikat gigi bersama dilakukan. Momen ini menjadi momen yang menyenangkan dan interaktif karena mereka tidak hanya dimotivasi untuk menjaga kebersihan gigi mereka dengan lebih baik. Tetapi juga aktivitas dapat meningkatkan kreativitas anak-anak dalam memanfaatkan barang-barang bekas disekitarnya.

Program sikat gigi bersama di SDN 1 Lembar diharapkan tidak hanya meningkatkan kesehatan gigi siswa tetapi juga menanamkan kebiasaan sehat yang akan bermanfaat bagi mereka di masa depan. Inisiatif ini merupakan contoh nyata bagaimana pendidikan kesehatan dapat diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari anak-anak secara menyenangkan dan efektif.