Kegiatan Posyandu Keluarga Dusun Kebon Bongor Desa Lembar Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat

  • Sep 25, 2023
  • Admin Desa Lembar

Lembar-Lombok Barat: Program kegiatan Posyandu Keluarga merupakan sebuah upaya dalam menanggulangi masalah kesehatan keluarga berbasis pendekatan keluarga. Posyandu keluarga ini tidak hanya melayani bayi, balita ataupun ibu hamil saja, namun posyandu keluarga ini juga melayani lansia dan remaja.

Selasa 19 September 2023, Bertempat di Dusun Kebon Bongor, Desa Lembar, telah dilaksanakan Posyandu Keluarga yang meliputi pemeriksaan lansia, pemeriksaan balita, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian imunisasi dan vitamin untuk balita. Posyandu Keluarga ini dihadiri oleh 86 balita, 15 lansia dan 3 orang ibu hamil. Sedangkan posyandu untuk remaja dilakukan pada sore hari atau disesuaikan dengan jadwal sekolah para remaja.

Pemeriksaan ditangani oleh masing-masing tenaga ahli, yaitu: Pemeriksaan lansia ditangani oleh Baiq Irma, Amd.Keb, Pemberian imunisasi dan vitamin ditangani oleh Ns.Vilian Novitasari, S.Kep, Pemeriksaan ibu hamil ditangani oleh Eka Mar’atun, Amd.Keb dan Diana Apriani, S.Keb, dan untuk gizi ditangani oleh Selvi Indrawati, Amd.Gz.

Pelaksanaan posyandu keluarga ini bertujuan untuk meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar yang komperhensif. Dengan sasaran atau target posyandu keluarga ini adalah Lansia, Ibu hamil, Bayi, Balita, Remaja dan pasangan usia subur. kegiatan posyandu keluarga ini dilakukan setiap bulan atau 12 kali dalam setahun.

 

(Lembar/FDIK UINMA/Annisa Qurrotua’yunin & Dian Puspitasari)