KEGIATAN DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) di Dusun Kebong Bongor, Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

  • Sep 27, 2023
  • Admin Desa Lembar

Lembar-Lombok Barat: Jum’at 22 September 2023, Telah dilaksanakan kegiatan DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting). Kegiatan DASHAT ini merupakan program percepatan penurunan angka stunting. Kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan pelatihan untuk membuat makanan bagi ibu hamil ( BUMIL ) dan balita dengan bahan lokal. Bahan masakan tidak harus mahal akan tetapi kita bisa memilih dan memilah bahan-bahan yang terjangkau dengan kualita s dan kandungan gizi yang bagus.

Kegiatan DASHAT ini diselenggarakan oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). yang bertempat di Dusun Kebon Bongor, Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid P4 Dinas PPKB PPPA Bapak Madi, S.Ap dan 10 orang kader TPK (Tim Pendamping Keluarga).

Dalam kegiatan DASHAT ini diberikan 4 materi yaitu: Materi pertama dari petugas gizi yang membahas tentang permasalahan gizi-gizi yang baik untuk ibu hamil dan balita. Materi kedua dari petugas BP2KB (Badan Pengembangan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan) dan B3A (Bermain dan Berkreasi Bersama Anak) Kabupaten Lombok Barat Kabid P4 yang  membahas tentang pentingnya DASHAT untuk mencegah Stungting. Materi ketiga dari petugas penyuluh Keluarga Berencana (KB) yang membahas tentang Kontrasepsi sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya Stunting pada balita. Materi keempat dari Kader yang mempraktekan cara memasak makanan bergizi.

“Kami berharap dengan memberikan materi-materi dan makanan bergizi ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi ibu-ibu atau peserta yang hadir hari ini dan semoga materi yang sudah diberikan dapat di terapkan” Ujar Novitria Hariani petugas penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Lembar.

 

(LEMBAR/FDIK UINMA/Annisa Qurrotua’yunin & Dian Puspitasari)